“PUASA 6 HARI DI BULAN SYAWAL, SEPERTI PUASA SETAHUN PENUH”

“PUASA 6 HARI DI BULAN SYAWAL, SEPERTI PUASA SETAHUN PENUH”
.
Bulan Ramadhan baru saja berlalu, kini sudah memasuki bulan Syawal bulan kemenangan umat muslim. Bulan Syawal jadi bulan yang ditunggu banyak orang, ada banyak keutamaan yang bisa dilakukan untuk meraih pahala.

Salah satu yang banyak diamalkan umat muslim adalah melanjutkan puasa 6 hari di bulan Syawal. Ada banyak keutamaan istimewa yang bisa di raih umat muslim pada bulan Syawal ini.

Hal ini dapat dilihat dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Abu Ayyub Al Anshoriy, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.”

.
(HR. Muslim no. 1164)
.
Orang yang melakukan satu kebaikan akan mendapatkan sepuluh kebaikan yang semisal. Puasa ramadhan adalah selama sebulan berarti akan semisal dengan puasa 10 bulan. 


Puasa syawal adalah enam hari berarti akan semisal dengan 60 hari yang sama dengan 2 bulan. Oleh karena itu, seseorang yang berpuasa ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal akan mendapatkan puasa seperti setahun penuh.

.
(Lihat Syarh An Nawawi ‘ala Muslim, 8/56 dan Syarh Riyadhus Sholihin, 3/465).
.
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat ini bagi umat Islam.
.
Sumber : Riyadush Sholihin

Bagikan