BERITA

“UNIKNYA JAMBU KRISTAL, JAMBU BIJI TANPA BIJI”

“UNIKNYA JAMBU KRISTAL, JAMBU BIJI TANPA BIJI” . Jambu kristal (Psidium guajava) adalah varietas jambu biji yang sekarang banyak digemari masyarakat Indonesia. Jambu kristal mempunyai bentuk bulat atau agak lonjong dengan dasar bergelombang, ada juga yang rata tergantung varietasnya. Warna kulitnya hijau muda terang berlapiskan lilin di kulitnya. Daging buahnya berwarna putih bersih d . . .

AYAT TENTANG PERTANIAN

“TANDA TANDA KEKUASAAN ALLAH” . Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah bumi yang mati. Kami hidupkan bumi itu dan Kami keluarkan dari padanya biji-bijian, maka daripadanya mereka makan. . (Qs. Yasin :33) . Tafsir dari ayat diatas adalah : (Dan suatu tanda bagi mereka) yang menunjukkan bahwa mereka akan dibangkitkan kembali, lafal ayat ini berkedudukan menjadi K . . .

AYAT TENTANG PERTANIAN

“ALLAH MAHA PERKASA LAGI MAHA BIJAKSANA” . Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. . (Qs. Luqman : 27) . Tafsir dari ayat diatas adalah : (Dan seandainya pohon-pohon di bumi menj . . .

AYAT TENTANG PERTANIAN

“ALLAH MAHA KUASA ATAS SEGALA SESUATU” . Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya. . (Qs. Al-Mu’minun : 18) . Tafsir dari ayat diatas adalah : (Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran) berdasarkan kecukupan mereka (lalu Kami jadikan air itu menetap . . .

AYAT TENTANG PERTANIAN

“ALLAH YANG MAHA MENGHIDUPKAN & MEMATIKAN” . Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. (Yang memiliki sifat-sifat) demikian ialah Allah, maka mengapa kamu masih berpaling? . (Qs. Al-An'am : 95) . Tafsir dari ayat diatas adalah : (Sesungguhnya Allah menumbuhkan . . .

“DEFINISI TEKNOLOGI PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN”

“DEFINISI TEKNOLOGI PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN” . Teknologi pertanian ramah lingkungan adalah teknologi yang tidak merusak lingkungan dan tetap menhasilkan produktivitas yang tinggi. Pengertian lingkungan sangat luas dan secara khusus akan disoroti dalam uraian ini adalah Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang menyebabkan terjadinya pemanasan global dan berdampak langsung dan tidak langsung t . . .