Zaitun

Rp. 0 / Unit
Periode kontrak: 1 tahun
Bagi hasil yang didapat: 0%
Periode bagi hasil: 1 tahun
Perkembangan: Belum Dimulai
Telah terbeli sebanyak unit dari 0 orang.
Sisa slot: 1000

Zaitun (Olea europea) adalah tanaman istimewa yang disebut di setidaknya tiga kitab suci. Bahkan dalam Al-Qur’an pohon zaitun ini disebutkan secara khusus sebagai pohon yang banyak berkahnya (QS 24:35), sesuatu yang berkah – apalagi banyak berkahnya – adalah sesuatu yang amat sangat banyak manfaatnya.
 
Sebagian dari manfaat-manfaat tersebut ada yang sudah diketahui selama berabad-abad, seperti misalnya minyaknya yang berguna untuk minyak makan, obat dan sumber api/energi.
 
Sebagai minyak makan, minyak zaitun diresepkan di Al-Qur’an sebagai bumbu makanan sekaligus petunjuk cara membumbuinya – yaitu dengan cara mencelup, melumuri atau mengolesi (QS 23:20). Dengan resep dan cara pembubuan dari Al-Qur’an ini, hampir seluruh jenis makanan mulai dari nasi, roti, daging dan bahkan buah/sayur menjadi enak ketika dibumbui dengan minyak zaitun.
 
Sebagai obat, minyak zaitun dalam pengobatan cara Nabi (Tibbun Nabawi) diresepkan untuk setidaknya 70 penyakit, di antaranya adalah penyakit yang terkait dengan jantung/kardiovaskular, kanker, berbagai penyakit yang terkait perut, kusta, dan sebagainya. Bukan hanya minyaknya saja yang efektif untuk penyembuhan tetapi juga daunnya bisa untuk dibuat teh kesehatan yang terbukti efektif untuk berbagai penyakit flu, dan sebagainya.
 
Sebagai sumber api atau energi, zaitun sudah digunakan selama ribuan tahun untuk penerangan berupa lampu minyak. Di jaman ini minyak zaitun juga sangat berpotensi untuk digunakan sebagai sumber energi terbarukan seperti bio diesel, bila kelak zaitun sudah ditanam dan diproduksi masal di negeri seperti Indonesia.
 
Salah satu keberkahan pohon zaitun yang baru ditemukan manusia modern zaman ini adalah perannya dalam menjaga kelestarian alam. Zaitun kini digunakan sebagai tanaman penghijuan yang sangat efektif untuk menjaga air tanah dan menyerap CO2 di alam dalam jangka panjang.


Daun zaitun yang tebal dan kecil membuatnya sangat hemat dalam menggunakan air tanah karena bisa menahan penguapan secara maksimal. Dengan karakter seperti ini pohon zaitun bisa hidup bahkan di tanah yang sangat gersang sekalipun.
 
Keberkahan lain dari pohon zaitun adalah usianya yang sangat panjang, yaitu bisa mencapai 2,000 tahun dan bahkan lebih. Artinya sekali kita menanam pohon ini bisa menjadi sedekah terus menerus untuk kehidupan generasi-generasi selanjutnya.

Untuk mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia, Goolive hadir mengutamakan penanaman hasil pertanian yang dibutuhkan oleh pasar, harga yang relative stabil, lalu kami menghubungkan petani dan lahan yang bisa dipergunakan, kemudian kami membuka peluang pembiayaan penanaman kepada para sponsor.

Periode kontrak penanaman project komoditi Zaitun ini dibuat per 20 tahun, dengan Periode bagi hasil setelah 3 tahun mulai menurun produktifitasnya dan perlu peremajaan. Bagi hasil untuk sponsor adalah 40%, petani 40 %, dan infaq 5% untuk Rumah Infaq Indonesia dan administrasi Goolive 15 %.
 

Simulasi masih belum diterbitkan oleh admin Goolive